opto lihat situs sponsor

Jumat, 15 Desember 2017  
 
  LIPI
depan
database
database
artikel
kegiatan
situs
info
publikasi
e-data
buku
kontak
  Kompresi data :

Masalah kompresi data naskah ini sangat penting untuk diketahui dan dipahami sebelum mengirimkan naskah. Mengapa kompresi data ini sangat penting ?

  • Untuk memperkecil ukuran data naskah yang dikirim.
  • Mencegah terjadinya kerusakan data akibat pengiriman. Ini sering terjadi pada proses pengiriman data yang berukuran besar.
  • Menghemat biaya pengiriman, karena ukuran data kecil, dengan sendirinya waktu pengiriman bisa ditekan seminimal mungkin.
  • Mempermudah proses pengiriman, terutama bila naskah terdiri dari beberapa data, karena bisa digabung menjadi satu data.

Bagaimana cara melakukan kompresi data naskah ini ? Cara kompresi persis sama dengan cara kompresi data di komputer umumnya. Meski ada banyak format kompresi, kami hanya menerima dan sangat menganjurkan format TAR atau ZIP. Selain itu kedua format ini yang paling umum dipakai serta memiliki kompatibilitas yang tinggi, sehingga di hampir semua komputer akan bisa ditemukan perangkat untuk salah satu atau keduanya. Bila Anda tidak mengerti perangkat yang tersedia di komputer yang dipakai, silahkan ditanyakan ke orang terdekat.

Berikut ini beberapa poin umum yang perlu diketahui saat melakukan kompresi dengan salah satu format diatas :

  • Lakukan kompresi atas data naskah yang hendak dikirim meski hanya terdiri dari satu data.
  • Bila naskah terdiri dari beberapa data, lakukan kompresi untuk semua data sekaligus sehingga menjadi satu data yang siap kirim. Untuk itu ikuti petunjuk program yang dipakai, atau sebagai contoh untuk ZIP di UNIX/Linux :

      zip namadatakompresi.zip data1.pdf data2.tex ...

    dengan namadatakompresi menunjukkan pilihan nama data hasil kompresi (terserah apa saja). Selanjutnya akan dihasilkan data dengan nama namadatakompresi.zip. Data inilah yang harus dikirimkan.
    Sedangkan untuk TAR, setelah dikompres dalam format TAR, lakukan kompresi dengan GZIP untuk mendapatkan hasil optimal. Contoh di UNIX/Linux :

      tar cvfz namadatakompresi.tgz data1.pdf data2.tex ...

    Selanjutnya akan dihasilkan dua data dengan nama namadatakompresi.tgz. Data namadatakompresi.tgz inilah yang harus Anda kirimkan.

  • Untuk pemakai Windows, silahkan mengikuti petunjuk perangkat yang dipakai, misalnya yang paling populer adalah Winzip. Untuk Windows, format ZIP lebih umum dan populer.

revisi terakhir : 21 Januari 2002

 

  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI